Support System Marketing Online

Photobucket

Sabtu, 01 Mei 2010

7 Lapisan Jaringan Standar OSI


OSI (Open System Interconnection) telah membuat sebuah standar tentang model jaringan. Model jaringan OSI membagi kompleksitas komunikasi data asal (source) ke tujuan (destination) dengan lapisan-lapisan (layer) yang tiap mempunyai fungsi dan hubungan antar lapisan. Lapisan-lapisan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Physical Layer
Physical Layer atau lapisan fisik ini melakukan fungsi pengiriman dan penerimaan bit stream dalam medium fisik. Pada lapisan ini kita akan mengetahui spesifikasi mekanikal dan elektrikal dari media transmisi serta antarmukanya.

2. Data Link Layer
Pada Data Link Layer ini, komunikasi data dilakukan dengan menggunakan identitas yang berupa alamat simpul fisik yang disebut sebagai alamat hardware atau hardware address. Proses komunikasi antara komputer atau jaringan akan terjadi bila kedua pihak telah mengetahui identitas masing-masing melalui alamat fisik (physical address).

3. Network Layer
Pada lapisan Network Layer, terjadi pendefinisian alamat logis (logical addressing), yang kemudian mengkombinasikan multiple data link menjadi satu internetwork. Network Layer juga bertanggung jawab untuk membawa paket dari satu simpul ke simpul lainnya dengan mengacu pada logical address. Tugas pokok Network Layer adalah logial addressing dan routing.

4. Transport Layer
Transport Layer adalah lapisan yang bertanggung jawab terhadap pengiriman source to destination (end to end). Pengiriman source to destination meliputi, service point addressing, segmentation dan reassembly, connection control, flow control dan yang terakhir error control.

5. Session Layer
Lapisan Sesi atau Session Layer mempunyai tugas untuk membuka, merawat, mengendalikan dan melakukan terminasi hubungan antarsimpul.

6. Presentation Layer
Presentation Layer berfungsi untuk mentranslasikan data yang akan ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini dalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (Windows NT), Network Shell (Virtual Network Computing(VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).

7. Application Layer
Application Layer berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan mengaturbagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol pada Application Layer adalah File Transfer Protocol (FTP), Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

0 komentar:

Posting Komentar

Custom Search
Danz Articles © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is Edited and brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates