Support System Marketing Online

Photobucket

Minggu, 02 Mei 2010

Berbagai Manfaat dan Khasiat Tanaman Kencur


Kencur adalah salah satu tanaman yang digunakan untuk obat atau jamu. Beras kencur adalah salah satu jamu yang dihasilkan dengan bahan dasar kencur. Sebenarnya kencur adalah istilah orang jawa untuk menyebut tanaman jenis rimpang ini. Kalau di daerah Aceh orang banyak menebutnya denga sebutan Ceuko. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Kaempferia Galangal dan termasuk kerabat jahe-jahean (Gamilia Zingiberaceae) ini masih saudara dekat dengan jahe, kunci, kunir dan lain sebagainya.

Manfaat dari tanaman kencur sangatlah banyak, antara lain sebagai sumber minyak atsiri, penyedap makanan, minuman dan pastinya sebagai jamu dan obat. Minyak atsiri yang ada dalam kencur berupa sineol, asam metal kanil dan pendekaan. Cara untuk mendapatkan minyak atsiri ini adalah dengan menyuling rimpangnya.

Berdasarkan hasil laoratorium, ternyata minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang kencur, memiliki lebih kuran 23 macam senyawa. Kencur juga mempunyai sifat stimulant, jadi bisa digunkan untuk menambah tenaga. Selain itu, kencur jga mempunyai sifat karminatif atau meluruhkan angina, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan perut kembung. Kehebatan tanaman kencur ternyata tak hanya berhenti sampai disitu saja. Di Cina, ternyata kencur juga banyak digunakan untuk obat berbagai penyakit yang antara lain adalah sakit gigi, memar, nyeri dada, sakit kepala dan juga sembelit. Selain itu, konon penyakit tetanus, radang lambung, muntah-muntah, panas dalam dan juga keracunan, dapat diobati dengan kencur.

0 komentar:

Posting Komentar

Custom Search
Danz Articles © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is Edited and brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates